Tuesday, March 19, 2013

Tarmizi Saat Dalam Komentar Masyarakat

  • Secara pribadi saya tidak begitu dekat dengan sosok Tarmizi Saat. Tapi kalau dilihat dari perjalanan karier beliau, bisa dikatakan hampir sempurna. Dilahirkan sebagai anak desa, menapak sampai sekarang sebagai Sekda, sebuah jabatan tertinggi di birokrasi Kabupaten Bangka. Hal ini menunjukkan beliau memiliki prestasi bagus dan salah satu calon pemimpin masa depan karena usianya yang relatif muda.
(Menurut Hamzah Suhaimi, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)

  • Sebagai seorang Sekda, Tarmizi Saat adalah sosok birokrat professional dan berwawasan luas. Sebagai seorang teman, beliau juga orang yang enak diajak bicara dan bergaul. Harapan saya beliau bias menularkan ilmu dan wawasannya itu kepada bawahan dan masyarakat di Kabupaten Bangka. Kebiasaan-nya yang kerap kali mengumandangan adzan di Masjid jangan sampai pudar walaupun kesibukan terus bertambah. Jabatan boleh berubah, tapi perilaku jangan sampai berubah.
(Menurut AKBP.Norman Widjajadi,SIK.,Kapolres Bangka)

  • Saya kenal Pak Tar sejak beliau masih di Ekbang. Sampai saat ini menjadi Sekda pembawaannya masih tetap sederhana, santun kepada orang yang lebih tua, tidak arogan dan sangat low profile. Dalam pergaulan ia sangat supel, bahkan terkadang ia lupa kalau dirinya adalah seorang Sekda. Kita sama-sama hobi sepakbola, sehingga sering bertemu dan diskusi, kadangkala bertukar pikiran. Sepertinya saya belum melihat ada seorang Sekda seperti Tarmizi dan semoga beliau tidak berubah seperti Satria Baja Hitam.
(Menurut Parulian, Ketua DPRD Kabupaten Bangka)

  • Tarmizi Saat adalah sosok yang bekerja professional, agamis, low profile dan memiliki kemampuan intelektualitas yang memada. Selain itu beliau juga sosok yang tegas dan bertanggung jawab. Sebagai seorang birokrat beliau patut menjadi teladan bagi birokrat-birokrat lainnya.
(Menurut Nurhidayat Rani, Wakil Bupati Bangka)

  • Saya melihat Tarmizi sebagai sosok yang trengginas dan birokrat yang bertanggungjawab. Selain itu ia memiliki pergaulan yang luas karena gampang komunikasi dan ramah kepada siapapun serta tanggap terhadap berbagai persoalan. Saya pribadi dianggap sebagai abang(kakak) karena memang ia sangat menghormati orang yang lebih tua. Saya sendiri seringkali dating ke rumah orangtuanya di Desa Kemuja dan memang saya melihat lingkungan dan keluarganya sangat agamis. Intinya sebagai seorang birokrat, Tarmizi Saat memnag berbakat.
(Menurut Prof.Dr.Bustami Rachman,Ma.,Rektor Universitas Bangka Belitung(UBB)

  • Tarmizi Saat adalah sosok yang lahir dan tumbuh sebagai sosok yang sederhana, baik bahasa, tingkah laku maupun pergaulannya. Kalau melihat perjalanannya di birokrasi, ia sosok yang gigih, memiliki kepedulian yang tinggi terhadap persoalan masyarakat. Banyak gerakan-gerakan dan keputusan Tarmizi selaku Sekda maupun pribadi yang sudah dirasakan oleh masyarakat . Jika penilik pribadinya, memang latar belakangnya sebagai orang kampong sangat peduli dengan daerah. Banyak pejabat birokrat di Kabupaten Bangka yang hijrah ke Provinsi atau ke Kabupaten pemekaran hanya untuk karier semata, namun Tarmizi tidak tergiur hanya sekedar mencari jabatan, justru ia komit terhadap amanahnya untuk membangun Bangka daerah kelahirannya. Pendidikan, pengabdian dan komitmennya sangat memungkinkan untuk meraih hal tersebut.
(Menurut Agus Adaw,Pejuang Pembentukan Provinsi Bangka Belitung Generasi Ketiga)

  • Tarmizi adalah sosok yang baik, sangat mudah bergaul(familiar), terbuka dan tidak formal. Namun kita berharap jangan sampai kebaikan dan sikap terbukanya itu dimanfaatkan oleh orang lain untuk hal-hal yang tidak baik.
(Menurut Johnnie Sugiarto,Ph.D.,Pengusaha/Owner Eljohn)

  • Saya mengenal sosok Tarmizi cukup lama karena beliau pernah mengabdi sebagai Ustadz di Pesantren Al-Islam. Saya melihat kepribadian Tarmizi secara umum bagus, tapi sejujurnya kadangkal dia itu sering menggampangkan masalah. Jiwa dan aura kepemimpinannya sudah tampak, bahkan bias menjadi pemimpin masa depan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini. Sebagai orang tua kita tetap selalu mendoakan agar Tarmizi sukses dalam karier dan bias bermanfaat bagi masyarakat dan negeri ini.
(Menurut KH.Ahmad Hijazi,Pengasuh Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja Bangka Belitung)

  • Tarmizi Saat adalah sosok yang baik, muda, dan pintar. Pergaulannya luas di berbagai kalangan. Selain itu sebagai cirri khas putra Kemuja, dia sangat agamis walaupun jenjang pendidikan yang ia lalui adalah pendidikan umum, namun ia mampu mengimbangi kemampuan mereka yang pernah nyantri di Pesantren. Saat ini Tarmizi adalah salah satu putra Kemuja yang berkualitas dan sukses dalam kariernya. Sebagai orang tua, saya berharap semoga ke depan Tarmizi bias menjadi salah satu tokoh yang bias memimpin Bangka Belitung. Insya Allah…

(Menurut KH.Zainawi,Pendiri/Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Muhibin dan Al-Barokah Desa Kemuja)

  • Yang paling saya sukai dari Tarmizi adalah sikap tegas, berani, dan sederhana, nak nya duluk lah dak berubah aben, baik di kantor, di kebun, maupun di rumah dan dimana saja. Ini karakter yang kita sukai dari Tarmizi. Beliau juga tidak melupakan sahabat-sahabat lamanya. Sebagai kawan dan sebagai urang Kemuje, saya bangga memiliki sahabat seperti Tarmizi Saat. Semoga beliau dapat berbuat lebih banyak terhadap umat dan sukses terus dalam kariernya.
(Menurut Ustadz.Drs.Ahmad Sofyan,Pimpinan Pondok Pesantren “Bahrul Ulum” Islamic Center Sungailiat)

  • Tarmizi adalah sosok yang memiliki jiwa social tinggi. Kepeduliannya terhadap pondok pesantren cukup besar. Pesantren kita yang baru berdiri pun sudah 3 kali dibantu Pemkab Bangka, berkat seorang Sekda(Tarmizi). Selain itu pergaulannya luas dan sangat dekat dengan rakyat serta selalu komunikasi dengan bahasa kampung, ini cirri khas dari sosok Tarmizi yang kita sukai. Semoga beliau tetap memiliki komitmen untuk membantu dunia pesantren di Kabupaten Bangka ini, tetutama mengkokohkan kecamatan Mendobarat sebagai kecamatan santri.
(Menurut Ustadz.H.Sofyan Abu Yamin,S.Ag.,Pendiri/Pimpinan Pondok Modern Darul Abror Kace Bangka Belitung)

  • Tarmizi adalah pemuda yang energik, tidak hanya dalam pemerintahan, tapi juga berbagai kegiatan dan organisasi di luar pemerintahan mampu ia kelola dengan baik, termasuk Masjid Agung Sungailiat ini. Dalam pergaulan beliau sangatlah bagus baik kalangan muda maupun kalangan tua. Saya berani mengatakan bahwa Tarmizi satu-satunya Sekda yang paling agamis yang pernah dimiliki oleh Kabupaten Bangka bahkan mungkin di Bangka Belitung ini. Kita benar-benar sangat bangga, banyak orang yang berilmu tapi tidak dimanfaatkan, tapi Tarmizi Saat adalah orang yang berilmu dan memanfaatkan ilmunya tersebut untuk umat.
(Menurut H.Syamsul Bahri,Pengurus Masjid Agung Sungailiat)

  • Pak Tar itu orangnya cerdas, cepat tanggap terhadap fenomena masyarakat, birokrat sejati, pekerja keras dan loyal pada tugas. Tapi saya menyarankan bahwa akan lebih baik ke depan beliau tidak terlalu mudah berjanji, namun semua itu baik-baik saja jika cepat juga untuk menepatinya.
(Menurut Ustadz.Fadhilah Sabri,ST.M.Eng.,Dosen/Ketua BKPRMI Kabupaten Bangka)
  • Tarmizi sosok yang agamis dan supel, antara hablumminallah wa habluminnas seimbang. Cepat merespons terhadap berbagai masalah dan mampu berbaur dengan berbagai kalangan. Beliau juga sosok organisatoris dan masih sangat berjiwa muda sehingga dengan kalangan muda beliau begitu mudah untuk akrab dan cenderung meledak-ledak, sedangkan dengan kalangan tua beliau sangat santun. Sebagai Sekda beliau bersikap sangat bersahaja, santai tapi tegas, bertanggung jawab, professional dan siap menerima siapa saja. Kadangkala masyarakat yang cenderung kebablasan, tidak bisa membedakan kapan berhadapan dengan Sekda, kapan dengan Tarmizi pribadi. Hal ini juga membuktikan betapa Tarmizi begitu dekat dengan masyarakat. Semoga Tarmizi tetap mempertahankan kesahajaannya dengan tetap menjadi Urang Kemuje yang agamis dan benar-benar menjadi kholifah fil ardh.
(Menurut Hj.Encik Manah,S.Sos.I,Ketua Badan Kontrak Majelis Ta’lim(BKMT) Kabupaten Bangka)

  • Tarmizi Saat adalah sosok birokrat yang care terhadap berbagai persoalan masyarakat. Satu-satunya pejabat teras yang sangat setia menjawab berbagai keluhan rakyat melalui stasiun radio RRI hamper setiap pagi. Beliau juga sosok yang lugas, cerdas, dan cenderung blakblakan. Salah satu ciri khasnya adalah dalam setiap komunikasi, bahasa dan logat kampung kemujenya tidak pernah ditinggalkan. Karena memang dia adalah putra kemuja yang sangat bangga dengan kampung kelahirannyan tersebut. Dengan siapapun beliau sangat welcome dan tidak seremonial. Selain itu sebagai seorang Sekda beliau sangat bertanggung jawab bahkan berani pasang badan terhadap berbagai kebijakan Pemerintahan Daerah.
(Menurut Drs.Yunan Helmi,N.Si.,Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka)

  • Saya mengenalnya sejak di Kabag TU Dinas Perkebunan. Sejak sulu sosoknya yang penuh dedikasi, birokrat yang berprestasi dan memiliki suara yang khas yakni selalu berbicara lantang. Sosoknya menjadi teladan bagi para birokrat lainnya. Beliau sangat agamis, dari muazzin hingga aktif di berbagai pengajian. Aktif dalam bidang olahraga dan sangat dekat dengan anak muda. Dalam bergaul beliau tidak pilih-pilih, semua elemen bisa dirangkul. Bahkan sangat dekat dengan orang-orang pasar karena beliau jauh dari sikap formalitas.
(Menurut Rozali,SH.,Camat Mendobarat)

  • Tarmizi Saat, sosok birokrat yang dekat dengan berbagai kalangan. Beliau birokrat yang cakap dan sangat bersemangat dalam menjalankan amanah, saking bersemangatnya terkadang dianggap beberapa pihak melebihi kapasitasnya. Sosok beliau cukup menjadi reperesentasi urang kampong. Beliau juga sosok yang cukup mahir dalam meniti karir sebagai birokrat sampai jabatan karir yang strategis seperti sekarang ini. Mungkin masih ada “target” jabatan yang masih ingin beliau capai, mudah-mudahan tergetnya tercapai dan menjelma menjadi “penguasa” yang melupakan rakyat termasuk pemuda.semoga…
(Menurut Heryawandi,Ketua DPD KNPI Kabupaten Bangka)

  • Dalam pandangan saya pribadi, Tarmizi Saat adalah sosok yang cerdas, religious dan berintegritas tinggi. Sebagai seorang Sekda beliau sangat energik, professional, tegas dan memiliki prinsip. Selain itu, Tarmizi Saat senang membaur langsung dengan masyarakat dari berbagai kalangan. Berbagai kebijakan Pemerintahan Kabupaten Bangka saat ini tidak lepas dari pemikiran dan konsep Tarmizi Saat selaku Sekda sehingga kita melihat kebijakan Pemda Bangka saat ini menyentuh rakyat, baik itu pelayanan, kesehatan maupun pendidikan. Sebagai Seorang Sekda, Tarmizi Saat sangat cocok dalam kerjasama membangun daerah dengan Bupati Bangka, H.Yusroni Yazid,SE. Ini sebagai contoh sebuah pemerintahan yang kuat. Juga harapan kita agar aparat desa lebih disejahterakan.
(Menurut H.Sutarman,Kade Pemali)

  • Sejak SD Tarmizi adalah murid yang berprestasi terutama dalam bidang olahraga, sepakbola. Perilaku dan penghormatannya terhadap guru-gurunya hingga saat ini patut menjadi teladan bagi generasi muda. Sosialnya sangat tinggi terhadap masyarakat dan ia tidak pernah merasa menjadi orang besar. Sebagai orang yang pernah mendidiknya saat di Sekolah Dasar(SD) saya merasa kebanggaan yang luar biasa pernah punya murid seperti Tarmizi Saat.
(Menurut H.Abdul Muis,Guru semasa di SD)

  • Sosok Tarmizi saat masih SMP cukup berprestasi, tapi orangnya pemalu dan juga agamis. Selain itu ia cepay tanggap dalam mata pelajaran. Sebagai guru bangga punya murid yang sudah sukses, karena kebanggaan seorang guru adalah ketika ia melihat muridnya berhasil. Harapan saya semoga ia terus berkomitmen membangun daerahnya terutama dalam merangkul generasi muda, karena kemajuan bangsa tergantung generasi mudanya.
(Menurut Sukidjo, Guru semasa di SMP)

  • Sejak SD Tarmizi memang pintar sehingga selalu menjadi juara kelas. Dalam bidang olahraga dia juga sangat menonjol dan menjadi kapten dalam setiap permainan sepakbola. Pergaulannya pun sangat bagus karena memang ia sangat supel. Tarmizi adalah panutan bagi generasi muda di Desa Kemuja. Kiprahnya patut diperhitungkan, tidak hanya di wilayah Kabupaten Bangka, tapi juga Bangka Belitung. Sebagai sahabat masa kecil dan masyarakat Desa Kemuja, kita selalu mendukung kiprah dan karir Tarmizi.
(Menurut Sulaiman(Beje),Sahabat semasa di SD Negeri Kemuja)

  • Saat masih SMP, Tarmizi itu dulunya pemalu, saking pemalunya suka digodainteman-teman cewek, karena itu dia sangat akrab dengan kita yang cewek-cewek. Dia juga orangnya pintar dan selalu juara kelas. Di antara teman-teman yang lain dia paling alim. Selain pintar, ia memiliki keinginan untuk terus maju. Jiwa kepemimpinannya pun sudah kelihatandari keinginannya untuk terus menjadi yang lebih baik dan terbukti ia menjadi orang yang sukses.
(Menurut Ida Roaida,sahabat semasa di SMP Karya di Mentok)

  • Tarmizi Saat itu Kyai saya, tempat kami semasa SMA bertanya tentang agama. Beliau sosok yang sholeh(alim), sehingga beliau menjadi teladan bagi kita. Sewaktu di SMA beliau itu aktif dalam bidang Seksi Kerohanian dan saya adalah ketua Osisnya. Karena kesholehan dan kemampuannya dalam bidang agama, kerapkali Tarmizi Saat sering mengisi berbagai kegiatan keagamaan, tidak hanya di sekolah tapi juga di kampung-kampung. Selama saya mengenalnya beliau itu teladan bagi teman-temannya, tidak pernah buat masalah tapi sebagai penyelesai masalah. Sebagai teman, saya bangga sekali mendengar kabar beliau sedah menjadi orang sukses. Satu hal yang lebih membanggakan, beliau itu jauh dari sifat sombong dan tetap tawadhu hingga hari ini.
(Menurut Yoyok Suryo Kuncoro,sahabat semasa SMA Negeri 1 IKIP Yogyakarta)

  • Saya mengenal sosok Tarmizi sudah cukup lama. Saya perhatikan sejak masih menjadi Kepala Dinas ia memiliki sifat penolong dan gampang membantu orang. Hobinya yang suka olahraga semakin mendekatkan diri kepada masyarakat. Pergaulannya luas dari berbagai kalangan. Tidaklah salah kalu Tarmizi kita katakana sebagai figure pemimpin yang sangat senang membaur dengan masyarakat. Oleh karena beliau sangat disenangi oleh orang banyak, selain melihat karakternya yang blakblakan dalan bicara, tegas dan kalau marah lebih baik jangan di jawab. Hatinya sangat mulia dan tidak ada embel-embel dalam membantu orang, ikhlas sekali. Intinya saya melihat Tarmizi Saat mengimbangi hablumminallah dan hablumminannas. Sekali lagi saya salut dengan kepribadian dan kepemimpinan Tarmizi Saat.
(Menurut Jaya M.Tagor Siregar, Kepala Keamanan Satpam Pasar Sungailiat)

  • Sebelum beliau menjadi Sekda, saya sudah mengenal sosok Tarmizi. Saya melihat hubungan sosialnya dengan masyarakat luas sangatlah bagus. Setelah menjadi Sekda saya semakin sering bercengkerama dengan beliau, karena memang kalau pagi-pagi sering dating warung kopi saya untuk baca Koran, ngopi, dan diskusi dengan masyarakat di pasar. Bukan tampa alasan, karena saya melihat beliau sudah sangat dikenal masyarakat luas, mudah bergaul, memiliki banyak kawan dari berbagai kalangan. Saya yakin sekali banyak orang yang yang senang dengan kepribadian Tarmizi Saat. 2 hari saja pak Sekda ngga ngopi disini karena tugas di luar daerah, langganannya saya yang lainnya(masyarakat) pasti sudah bertanya.
(Menurut Tjhin Tjhoi Hian(Ahian), pemilik Warung Kopi AHIAN Pasar Sungailiat)

  • Tarmizi Saat itu orangnya baik dan bermasyarakat. Walau beliau itu seorang pejabat, tapi sikapnya tidak sombong dan sangat merakyat. Kita sebagai juru parker saja sering ngobrol dan ngopi dengan beliau di pasar. Beliau itu sering belanja di pasar dan selalu menyapa kita. Sosoknya sangat dikenal masyarakat luas, apalagi di pasar Sungailiat. Tukang ikan, tukang sayur, tukang parker, dan semua kalangan semuanya kenal dengan Tarmizi Saat. Orangnya suka guyon tampa memandang status. Andai saja Tarmizi itu mencalonkan diri sebagai Bupati Bangka, saya secara pribadi sangat setuju, alasannya karena beliau itu sosok pemimpin yang sangat bermasyarakat. Sebelumnya tidak pernah ada pejabat sekelas Sekda yang bermasyarakat se[perti Tarmizi Saat ini. Pagi-pagi beliau sudah di pasar dengan menggunakan sepeda lantas ngopi dan ngobrol bersama kita. Keluhan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat beliau sepertinya tahu betul. Itulah sosok Tarmizi dalam pandangan saya, memang sosok yang baik.
(Menurut Suri Lakalupi, Tukang Parkir Pasar Sungailiat)

  • Pak Tarmizi adalah sosok pemimpin yang agamis dan mudah bergaul dengan berbagai kalangan. Sebagai orang dekat beliau, saya menyaksikan sendiri bahwa dibalik kesibukannya yang luar biasa, beliau masih menyempatkan diri untuk mendengarkan berbagai keluhan masyarakat bahkan berhubungan langsung dengan masyarakat pasar, warung kopi atau bahkan di kebun. Dalam keseharian maupun di kantor, karakter tidak berubah, apa adanya, jauh dari kepalsuan. Dari dulu saya mengenalnya hingga saat ini tidak ada yang berubah dalam dirinya. Saya banyak belajar selama mengikuti beliau dengan mengetahui secara langsung kehidupan dan rutinitas beliau.
(Menurut Suwarjo Rustam(Otong), Sopir & Asisten Pribadi)

1 comment:

  1. Ustadz. Arfiandi Armas, S. Pd. IApril 29, 2013 at 7:36 PM

    Adakah ?
    Merindukan Pemimpin Yang Adil dan Di Cintai Allah
    1. Kita Rindu Pemimpin Yang BerOrientasi Akhirat
    2. Kita Rindu Pemimpin, Yang Menyayangi Dengan Hati Yang Ikhlas
    3. Kita Rindu Pemimpin Yang Berani Menunaikan Hak Orang Yang DipimpinnYa.
    Semuanya ada pada Pak Tarmizi ( Insya Allah )

    ReplyDelete