Sunday, March 24, 2013

Program

Bangka Smart Konsep mensejahterakan dan mengangkat martabat masyarakat Bangka




Pembangunan yang berhasil haruslah dilakukan dengan mempertimbangkan keberadaan generasi berikutnya.

Inti dari program ini adalah memperjuangkan visi dengan cara mewujudkan keempat aspek misi yang telah dicanangkan.

  1. Menjadikan sektor pertanian, perkebunan, perikanan/peternakan, dan pariwisata sebagai sektor unggulan daerah.
Program
  • Sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan dikelola berbasis kewilayahan.
  • Gerakan Sejuta pohon karet setiap tahun.
  • Gerakan sejuta pohon lada setiap tahun.
  • Sertikasi masal tanah pertanian masyarakat.
  • Pengembangan kawasan perikanan air tawar dan payau.
  • Pengembangan aset desa menuju desa mandiri.
  • Pengembangan industri pertanian dan peternakan menuju kawasan agrobisnis.
  • Pengembangan daerah wisata memadukan potensi alam, sejarah, dan budaya melalui strategi pelibatan masyarakat
Selama ini Pulau Bangka dikenal juga sebagai Pulau Timah. Selain itu, daerah ini juga banyak menghasilkan bahan tambang lainnya seperti Bauksit, Kuarsa, dan bahan galian C lainnya.

Dalam bidang pertanian daerah ini dikenal sebagai penghasil Lada Putih (white muntok peper), Karet, dan rempah-rempah lainnya. Lada Putih, dari kawasan ini merupakan komoditi yang memiliki kualitas dan nilai ekonomi tinggi dari Lada yang dihasilkan daerah lain di Indonesia bahkan negara-negara penghasil Lada lainnya. Namun disayangkan, stabilitas nilai ekonomis hasil pertanian yang fluktuatif berakibat pada beralihnya perhatian masyarakat kepada sektor pertambangan yang lebih memiliki nilai ekonomis lebih.

Menurut hemat Saya, membangkitkan kembali kejayaan bidang ini dapat dilakukan melalui pembudidayaan tanaman rakyat menjadi penting. Pemerintah berkewajiban menyediakan fasilitas dan memberdayakan petani dalam pembudidayaan tanaman rakyat ini. Untuk mempercepat pertumbuhan sektor ini, pemerintah harus bersinergi dengan swasta terutama untuk membuka perkebunan dalam skala yang lebih besar dan industri perkebunan. Untuk semakin menggairahkan petani, pemerintah juga perlu melakukan promosi dan menciptakan pasar dalam maupun luar negeri.

Keberhasilan sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan dapat membantu menekan angka kemiskinan karena sebagai besar kantong kemiskinan ada dipedesaan. Masih tingginya angka kemiskinan di Bangka merupakan pekerjaan besar yang harus dituntaskan pemerintah. Kemiskinan di Bangka dapat diminimalisir melalui penciptaan lapangan kerja dan peningkatan nilai ekonomis produk hasil pertanian masyarakat. Di samping penyediaan berbagai fasilitas infrastruktur dan berbagai fasilitas yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

Perlu disiapkan kebijakan ditingkat daerah yang bertujuan menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok harus tersedia dengan harga yang terjangkau khususnya bagi masyarakat miskin. Sehingga ketersediaan kebutuhan pokok terjamin.

Potensi pariwisata alam, sejarah dan budaya masih belum digarap secara maksimal. Kedepan, sektor ini sangat potensial dijadikan sebagai salah satu sektor unggulan daerah dan penopang utama pendapatan asli daerah (PAD). Untuk itu, pemerintah perlu membangun fasilitas-fasilitas wisata baru dengan jenis kunjungan yang beragam dan terletak dalam satu kawasan menyatu (terpadu). Ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik dan manca negara.

Dalam mengembangkan sektor pariwisata, pemerintah harus melibatkan swasta dan masyarakat. Pelibatan swasta dibutuhkan dalam membangun sarana penunjang seperti Hotel dan fasilitas lainnya. Agar sektor pariwisata dapat berdampak langsung bagi perekonomian masyarakat perlu dikembangkan strategi pelibatan masyarakat, sebagai penyedia pendukung, seperti home stay dan pengadaan souvenir, serta dukungan lainnya.

Harus diakui kerusakan lingkungan di Bangka baik di darat maupun laut terjadi saat ini sangat memprihatinkan. Kerusakan lingkungan akibat penambangan Timah dapat berdampak pada sektor lain terutama pertanian dan perkebunan, karena tidak jarang lahan-lahan produktif yang mengandung bahan tambang timah dengan begitu saja dialihkan karena nilai ekonomi Timah yang sangat menggiurkan.

Meluasnya penambangan Timah di darat, dapat mengancam kelanjutan sektor pertanian. Penambangan timah di laut secara tidak teratur dapat mengancam terumbu karang dan berakibat pada sulitnya nelayan peroleh ikan dan terganggunya berbagai pusat pariwisata yang ada di Bangka. Untuk menghindari kerusakan lebih jauh, pemerintah daerah perlu menetapkan kebijakan pengaturan pemanfaat wilayah di tingkat Kabupaten sesuai dengan keunggulan masing-masing.

Tata ruang pemanfaatan wilayah berdasarkan unggulan masing-masing dimaksudkan untuk mempercepat swasembada pangan, dimana antar di kabupaten dapat saling menopang dalam pemenuhan kebutuhannya. Sehingga ketergantungan kepada pangan-pangan impor dapat dihindari. Jika bahan pangan diproduksi sendiri secara otomatis akan dapat membantu menstabilkan harga pangan pada harga yang terjangkau masyarakat.

  1. Menjadikan pemerintahan daerah yang profesional, demokratis, akuntabel hingga tercipta pemerintahan yang dipercaya masyarakat.
Program:
  • Mengembangkan sistem on line dalam penerimaan, mutasi dan promosi. Dengan tetap mengutamakan pendidikan dan keahlian serta sesuai dengan jenjang kepangkatan.
  • Memberi kesempatan kepada aparatur pemerintahan untuk meningkatkan kualitas diri melalui berbagai pendidikan dan pelatihan dan juga penyediaan beasiswa.
  • Memberi kesempatan masyarakat untuk ikut serta dalam pengambilan keputusan berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat.
  • Menerapkan sistem pelayanan cepat, tepat, dan terjangkau.
Pemerintah sebagai penyelenggara pemerintahan memegang posisi sangat penting. Apa yang menentukan keberhasilan pembangunan suatu daerah? banyak faktor, tentu saja. Namun di antara sekian banyak faktor itu, pemerintahan yang dikelola dengan tata kelola yang baik, demokratis, transparan, dan bertanggung jawab paling menentukan.

Boleh saja, daerah memiliki kekayaan sumber daya alam (SDA) luar biasa, kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik, tingkat pendapatan asli daerah tinggi, tetapi jika pemerintahan tidak efektif, efisien, dan boros, dan korup daerah akan terperosok dalam kemiskinan.

Pemimpin yang bersih merupakan suatu keniscayaan. Pemimpin yang bersih tidak akan melakukan perbuatan tercela dan melanggar hukum. Pemimpin di sini tidak saja diartikan sebagai top leader, melainkan bagi setiap tingkatan kepemimpinan yang ada dalam pemerintahan, termasuk juga pemimpin dalam pengertian setiap individu yang ada dalam pemerintahan untuk memelihara dirinya dari setiap penyimpangan.

pemerintahan berdasarkan tata kelola yang baik (clean and good governance), demokratis, transparan, dan bertanggung jawab akan memberikan banyak manfaat. Pembangunan daerah akan maju pesat, rakyat sejahtera, lingkungan terpelihara, dan Bangka menjadi maju.


  1. Memberikan Jaminan Kesehatan dan Pendidikan Berkualitas bagi seluruh rakyat.
Program:
  • Mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas. Dengan meningkatkan status Puskesmas menjadi Rumah Sakit Pratama.
  • Penambahan Puskemas pada wilayah yang secara geografis jauh dari pusat pelayanan kesehatan.
  • Penyediaan satu tenaga dokter untuk satu desa.
  • Menyelenggarakan wajib belajar 12 tahun secara gratis dan tidak memperkenankan sekolah mengadakan pungutan.
  • Meningkatkan jumlah pendidikan kejuruan dan meningkatkan sarana-prasarana pendidikan pada sekolah kejuruan.
  • Penyediakan beasiswa bagi siswa berprestasi dan tidak mampu sampai universitas.
Tantangan utama pembangunan di Bangka adalah rendahnya mutu pendidikan dan masih tingginya angka putus sekolah, dan tidak mampu melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi. Kondisi ini dapat memperparah dan melanggengkan kemiskinan dan pada akhirnya dapat menghambatkan pembangunan.

Pendidikan berkualitas merupakan salah satu jalan keluar dari persoalan kemiskinan dan mempercepat laju pembangunan. Wajib belajar 12 Tahun, Kebijakan wajib belajar sampai tingkat sekolah menengah (SMA/SMK/MA) penting dilakukan. Biaya pendidikan dari tingkat SD sampai SMA seharusnya ditanggung pemerintah sehingga pelayanan pendidikan gratis sampai tingkat SMA benar-benar dapat diterapkan. Sekolah tidak diperkenankan mengadakan pungutan. Pemerintah juga harus menyediakan beasiswa bagi anak berprestasi dan tidak mampu yang ingin melanjutkan kejenjang pendidikan tinggi.

Peningkatan kualitas pendidikan harus diiringi dengan penciptaan lapangan kerja. Karena banyaknya masyarakat telah mengenyam pendidikan tinggi namun tidak mampu menciptakan lapangan kerja dan atau minimal memperoleh kesempatan kerja yang tersedia, pendidikan dapat dianggap hanya buang-buang waktu, yang pada akhirnya menimbulkan pandangan negatif terhadap pendidikan itu sendiri.

Sebagai alternatif, meningkatkan jumlah rasio pendidikan vokasi, seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mendesak dilakukan. Peningkatan rasio sekolah kejuruan dan sekolah menengah atas non vokasi menjadi 60:40 merupakan langkah awal yang patut ditempuh. Sekolah vokasi difasilitasi dengan baik agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Bidang kesehatan merupakan salah satu hak dasar manusia sehingga patut menjadi perhatian serius. Pelayanan kesehatan gratis suatu keharusan. Pelayanan kesehatan gratis bukan hanya menjadi slogan kampanye saja. Pelayanan kesehatan gratis diberikan pada masyarakat mampu dan tidak mampu. Pelayanan kesehatan melibatkan asuransi kesehatan, dan organisasi non-pemerintah lainnya.

Pelayanan kesehatan gratis memerlukan biaya sangat besar, namun dengan cara pandang bahwa kesehatan merupakan hak dasar setiap warga negara, pelayanan gratis ini penting untuk direalisasikan. Pengalaman keterlibatan Saya dalam pemerintahan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan gratis telah lama dilaksanakan. Ke depan, tinggal bagaimana peningkatan kualitas pelayanan menjadi lebih cepat, tepat, dan dapat menjangkau masyarakat yang lebih meluas.


  1. Menciptakan wiraswasta-wiraswasta sekala kecil dan menengah.
Program:
  • Memberikan kesempatan pemuda untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan dan keterampilan lainnya.
  • Pengalokasian modal bagi usaha kecil dan menengah.
  • Memberikan insentif Rp. 25 juta s.d Rp. 50 juta dengan bunga rendah bagi usaha kecil dan menengah baru.
  • Membebaskan biaya perizinan bagi usaha kecil dan menengah.
Sebagai daerah yang sedang giat membangun, Kabupaten Bangka secara perlahan tapi pasti akan mulai meninggalkan masyarakat agraris menuju masyarakat industri. Berbagai kesempatan usaha akan terbuka lebar. Pemerintah daerah perlu memberi peluang pada generasi muda untuk menekuni dunia usaha.

Pemerintah sepatutnya merancang program pendampingan dan mengalokasikan anggaran untuk wiraswasta-wiraswasta, baik lama maupun pemula. Melaksanakan berbagai pelatihan kewirausahaan dan dukungan permodalan, serta kemudahan dalam memperoleh perizinan usaha penting disiapkan.

3 comments:

  1. ass... pak, untuk pertambangan sendiri ade dak rencana e agar mengatasi TI TI biar jorang pacak teratur dan bapak bise dak mengarahkan jorang ke Good Mining Practice (GMP)atau cara penambangan yang baik sesuai perundang-undangan Minerba yang berlaku

    ReplyDelete
  2. Bapak punya e-mail gak...? ini email saya :
    a.ziwardahlan@gmail.com, bpk bisa kirim email bpk kesini, nanti saya kirimkan saran/masukan dalam konteks rencana mau jadi Bupati/wakil bupati bangka priode 2013-1018.

    tks

    ReplyDelete
  3. selamat kepada bapak tarmizi atas terpilihnya menjadi bupati bangka. mohon dukungannya pak untuk bidang pendidikan terutama IT. agar seluruh masyarakat di kab bangka. melek terhadap IT , informasi dan perkembangannya. kemajuan IT harus berimbang dan selaras dengan yang lainnya baca juga pendapat kami di www.portalbabel.com terima kasih

    ReplyDelete